Home All

Tingkatkan Ekosistem UMKM, Sahabat Sandi Subang Gelar Pelatihan Wirausaha

17
0

BANYAKNYA penggemar kopi di Indonesia dan guna menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan, Relawan UKM Sahabat Sandi Subang menggelar Pelatihan Barista Kopi bagi generasi muda di Lembah Gunung Kujang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Pelatihan Barista tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan generasi muda, menciptakan peluang usaha, lapangan kerja dan jiwa kewirausahaan anak muda sebagai upaya pemberdayaan ekonomi pasca pandemi Covid – 19.

“Pelatihan ini dikhususkan untuk membuka jiwa kewirausahaan mereka. Selain itu juga jadi kepentingan pribadi untuk bekerja dan secara ekonomi mereka juga naik,” kata Jalaludin, Ketua UKM Sahabat Sandi Subang, Jumat (16/9/2022).

Trend barista yang semakin naik membuat para generasi muda semangat dalam mendalami dunia perkopian. Jalaludin juga mengatakan, pelatihan ini sangat membantu para generasi muda di Subang, sebab Kabupaten Subang merupakan Kabupaten yang memiliki potensi kopi terbesar di Jawa Barat hingga Internasional.

“Kabupaten Subang ini menjadi potensi yang besar dan terbaik untuk kopi di Jawa Barat hingga masuk Internasional juga, karena potensi dan sedang trend tersebut jadi barista banyak peminatnya,” kata Jalaludin.

Iin Nurhidayat, salah satu peserta pelatihan mengatakan, pelatihan tersebut bisa menambah pengalaman dan ilmu bagi peserta yang hadir. Selain itu, dengan ilmu yang didapatkan para generasi muda dapat mengkolaborasikan di kesehariannya sehingga bisa membuka peluang pekerjaan.

“Pertama menambah pengalaman, ilmu, menambah relasi, karena memang barista ini sedang trend dan saya mendapatkan resep kopi buatan saya sendiri. Dari pelatihan ini secara tidak langsung ekonomi pribadi kita juga naik gitu, ada tambahan pendapatan kita,” kata Iin.

Ia juga berterima kasih kepada UKM Sahabat Sandi Subang dan Sandiaga Uno, karena telah menyelenggarakan pelatihan barista kopi. Adanya pelatihan tersebut maka generasi muda bisa mengembangkan bakat – bakatnya.

“Sangat berterima kasih untuk pelatihan ini, jadi anak muda bisa mengembangkan bakat – bakatnya. Terima kasih juga kepada Pak Sandiaga, saya harap beliau bisa maju di periode selanjutnya, karena dengan majunya beliau UMKM di Indonesia bisa naik soalnya dia berpengalaman dalam bidang usaha,” kata Iin.

Sosok Sandiaga yang bisa menginspirasi dan memotivasi generasi muda membuat para peserta pelatihan turut mendukung Sandiaga di 2024. Generasi Muda Kabupaten Subang berharap Sandiaga menjadi presiden 2024 dan kebangkitan bagi ekonomi Indonesia bisa tercipta.

“Sosok Pak Sandi bisa menginsipari dan memotivasi anak muda sebagai pengusaha untuk bangkit setelah Covid – 19, saya juga yakin Pak Sandi bisa membangkitakan ekonomi Indonesia terkhusus di Subang,” kata Jalaludin, Ketua UKM Sahabat Sandi Subang. (OL-13)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here