Home All

Tim Penyelamat Berupaya Evakuasi 1.000 Warga yang Terperangkap Gempa Sichuan

31
0

TIM penyelamat Tiongkok sedang berupaya mengevakuasi sekitar 1.000 penduduk desa yang terisolasi oleh tanah longsor setelah gempa mematikan melanda Provinsi Sichuan, menewaskan sedikitnya 65 orang.

Sekitar 15 orang diselamatkan dari sebuah desa di daerah Luding, pusat gempa berkekuatan Magnitudo 6,8 yang melanda Senin (5/9), menurut Red Star News, yang berbasis di Chengdu sekitar 225 kilometer ke arah timur.

Para pejabat menggunakan perahu-perahu kecil untuk mengangkut orang-orang melintasi danau yang terbentuk ketika sungai-sungai terhalang oleh tanah longsor, lapor outlet tersebut, mengutip penyelamat.

Penyiar pemerintah Tiongkok Central Television merilis jumlah kematian resmi terbaru Selasa (6/9), menambahkan bahwa 12 orang masih hilang. Sekitar 248 orang terluka, lima di antaranya kritis.

Gempa bumi telah menambah kesengsaraan baru-baru ini di provinsi barat daya Sichuan.

Sebanyak 21 juta orang di ibu kota Provinsi Chengdu –kota terbesar keenam di Tiongkok– berada di bawah penguncian covid-19 hingga setidaknya Rabu (7/9), saat pengujian massal berlanjut.

Sichuan masih belum pulih dari gelombang panas dan kekeringan bersejarah yang menyebabkan berkurangnya pembangkit listrik tenaga air dan pemadaman listrik di pabrik-pabrik.

Baca juga: Iran Vonis Mati Dua Perempuan Aktivis Hak Gay

Krisis listrik telah mereda, tetapi reservoir yang diandalkan Sichuan untuk sekitar empat per lima dari kapasitas listriknya tetap rendah, yang dapat membatasi pembangkitan listrik untuk sisa tahun ini.

Perusahaan Pengembangan Tenaga Air Guoneng Daduhe mengatakan dalam sebuah pernyataan di media sosial bahwa pembangkit listrik tenaga air sekitar 21 km dari pusat gempa berfungsi normal dan telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah kerusakan.

Perusahaan itu merupakan anak perusahaan dari China Energy Investment Corp, pemasok listrik teratas di ekonomi nomor dua dunia.

CCTV juga melaporkan bahwa sekitar setengah dari 43.000 rumah yang kehilangan listrik karena gempa, listrik mereka pulih pada Selasa pagi.

Gempa itu meratakan 240 rumah dan 50.000 orang telah dievakuasi di negara Luding dan kabupaten tetangga Shimian, kata Kementerian Manajemen Darurat dalam sebuah pernyataan.

“Sepuluh gempa susulan setidaknya berkekuatan tiga telah dicatat,” katanya.

Para pejabat di Sichuan mengawasi genangan air yang terbentuk ketika tanah longsor di daerah pegunungan jatuh ke sungai.

Setelah gempa bumi di Sichuan pada 2008, pihak berwenang harus mengevakuasi puluhan ribu orang karena khawatir rumah mereka dapat dibanjiri oleh genangan air yang baru terbentuk.

Sungai Wandong terputus pada Senin malam, China Youth Daily melaporkan, mengutip otoritas air. Para pejabat khawatir hal yang sama bisa terjadi di bagian lain sungai. (OL-16)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here