Home All

Simak, Ini Tips Aman Melakukan Investasi Online

20
0

KEHADIRAN internet turut memunculkan investasi online yang merupakan sebuah kegiatan penanaman modal yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan, baik dalam jangka pendek, menengah ataupun dalam jangka yang panjang.

Meski demikian, investasi online perlu dipahami lebih lanjut agar tiak terjebak pada investasi bodong dan penipuan

Duta Kampus Universitas Putra Indonesia (UNPI) Lusi Ayu Daningsih mengungkapkan, ada 4 tips yang dapat dilakukan agar nyaman dalam berinvestasi online. Pertama pilihlah penyedia investasi online yang sudah tersertifikasi dan terpercaya. Kedua, selalu membuat perencanaan tujuan melakukan investasi terlebih dahulu, ketiga, pahami resiko investasi online secara baik. 

“Terakhir, selalu membaca secara seksama term & condition yang dimiliki oleh masing masing penyedia investasi,” papar Lusi Ayu dalam webinar bertajuk TIPS DUNIA DIGITAL: BELAJAR INVESTASI ONLINE yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Head of RnD Urban Sakola Denisa Nur menambahkan tips untuk terhindar dari penipuan dalam ranah investasi online. 

Menurutnya, ada 3 etika yang perlu dipahami dalam belajar investasi online. Pertama, selalu waspada terhadap potensi adanya penipuan. Kedua, jangan mengambil keputusan dengan menggunakan feeling dan emosi. 

“Terakhir, selalu sesuaikan dengan kemampuan kita dalam berinvestasi,” ujar Denisa Nur.

Baca juga : Pemasaran Digital Menggunakan Ads, Begini Tipsnya

Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta Aji Kresno mengungkapkan tips belajar investasi online ditinjau dari perspektif pilar aman digital. 

“3 tips aman dan nyaman berinvestasi secara online. Pertama, banyak mencari informasi. Kedua, jangan pernah percaya kepada investasi yang memberikan imbal hasil yang besar. Terakhir, selalu cek legalitas penyedia investasi ke OJK,” papar Aji Kresno.

Webinar itu merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo pada 2021 untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia. 

Berdasarkan survei Nasional Kemenenkominfo dan Katadata pada 2021, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik. 

Program Cakap Digital yang fokus pada 4 pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital pun diluncurkan dan menargetkan peringkat literasi divital Indonesia meningkat. 

“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate. (RO/OL-7)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here