Home All

Shin Tae-yong Janjikan Pembalasan Lawan Vietnam

21
0

TIMNAS U-20 Indonesia memetik kemenangan penting pada laga kedua Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2023 mengungguli Hong Kong 5-1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/) malam. Skuad Garuda Nusantara pun selangkah lagi lolos kualifikasi dan wajib memetik kemenangan di laga terakhir melawan Vietnam.

“Saat AFF (Piala AFF U-19) Vietnam dan Thailand tidak sportif dan kita dirugikan karena itu. Tetapi kali ini kita di kandang dan perlu melakukan balas dendam. Saya berharap banyak penonton datang dan menyaksikan kemenangan Indonesia nantinya,” kata pelatih Shin Tae-yong seusai laga.

Indonesia di klasemen sejajar dengan Vietnam sama-sama mengoleksi enam poin. Produktivitas kedua negara pun sama dengan memasukkan sembilan gol dan kemasukan satu gol.

Pasalnya, di laga kedua Vietnam juga meraih kemenangan atas Timor Leste 4-0. Sebab itu, pertarungan pamungkas Indonesia harus meraih kemenangan demi posisi juara grup dan otomatis lolos kualifikasi.

Shin Tae-yong melakukan sembilan perubahan pemain starter dibandingkan yang diturunkannya ketika melawan Timor Leste di laga perdana. Meski melakukan rotasi besar-besaran, Shin Tae-yong puas skuadnya tak menemui kesulitan mencetak gol.

Rabbani Tasnim Siddiq melalui sundulannnya memanfaatkan umpan bola mati membuka keran gol Indonesia ketika laga baru berjalan 10 menit.

Tak butuh waktu lama, Alfriyanto Nico Saputro menggandakan keunggulan 12 menit kemudian. Indonesia kembali memperbesar kedudukan menjadi 3-0 melalui gol apik yang dicetak Zanadin Fariz jelang turun minum.

Di babak kedua, laga sempat diwarnai insiden kiper Cahya Supriadi mengalami benturan serius di kepala setelah bertabrakan dengan Rahmat Beri Santoso. Cahya langsung dibawa ambulans untuk dilarikan ke rumah sakit terdekat. Kondisinya dilaporkan stabil dan pemeriksaan lebih lanjut bakal dilakukan.

“Memang ada Cahya yang cedera tadi tetapi semua pemain sudah bekerja keras dan menunjukkan yang terbaik. Untuk Cahya saya sudah video call dan tidak ada masalah,” imbuh Shin Tae-yong.

Hong Kong yang mendapat hadiah penalti memperkecil skor melalui Chen Ngo Hin di menit ke-60. Kiper pengganti Aditya Arya Nugraha sebenarnya mampu memblok penalti Chen namun rebound-nya tak terbendung.

Marselino Ferdinan yang diturunkan Shin Tae-yong pada 10 menit waktu normal tersisa membuat tim kembali bermain agresif melancarkan tekanan. Pemain Persebaya Surabaya itu langsung berdampak instan mencetak gol keempat bagi Indonesia lima menit setelah masuk ke lapangan.

Di penghujung laga, Marselino bahkan mencetal gol keduanya lewat penalti untuk mengunci kemenangan Indonesia menjadi 5-1. Laga terakhir melawan Vietnam akan berlangsung Minggu (18/9). (OL-8)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here