Home All

Presiden: Hati-hati Lonjakan Harga Beras

23
0

PRESIDEN Joko Widodo meminta seluruh kepala daerah mulai mengamati pergerakan harga bahan-bahan pokok, terutama beras, pascapenaikan harga BBM subsidi. Jika harga komoditas pangan utama itu melonjak, bisa dipastikan angka kemiskinan di Tanah Air juga akan ikut terkerek naik.

“Yang berkaitan dengan harga pangan ini hati-hati. Kontribusinya terhadap kemiskikan itu 74%. Begitu harga pangan naik, utamanya beras, kemiskinan juga ikut naik,” ujar Jokowi saat memimpin Rapat Pembahasan Pengendalian Inflasi di Istana Negara, Jakarta, Senin (12/9).

Ia tidak ingin ada daerah yang lengah sedikit pun dalam hal tersebut. Kenaikan harga beras walaupun hanya Rp200 per liter harus betul-betul diwaspadai. “Langsung, segera intervensi karena itu menyangkut kemiskinan,” tegas Presiden.

Baca juga: Redam Inflasi, Presiden Minta Daerah Intervensi Transportasi Pangan

Kepala Negara meminta seluruh gubernur, bupati dan wali kota mengetahui secara detail data-data terkait bahan pangan yang mereka produksi atau datangkan.

“Semua harus tahu pasokan beras dari mana, telur dari mana, bawang beli dari mana. Semua harus tahu datanya apa lagi kalau beli dari luar provinsi. Yang belum tahu, tanya ke Kementerian Perdagangan atau Badan Pangan Nasional,” tandas Jokowi. (P-2)
 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here