Home All

Petugas Kebersihan Gagalkan Dua Pelaku Bobol ATM Bank

19
0

DUA pelaku membobol dan mengganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik Bank BJB dan Bank BRI di jalan HZ Mustofa, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Upaya jahat itu berhasil digagalkan oleh petugas kebersihan atau cleaning service (OB) sehingga dapat ditangkap warga bersama Satpam BJB setelah diteriaki maling.

Kedua pelaku tersebut berinisial AP, 25, dan SJ, 24, warga Kenali, Kecamatan Buay Sandang Aji, Kabupaten Ogan Komeriang Ulu Selatan, Sumatra Selatan. Salah satu pelaku mendapat pukulan warga hingga langsung diamankan petugas Satpam BJB.

Seorang pelaku berinisial SJ mengakui aksi ganjal dan membobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) pernah dilakukan di wilayah Bogor 4 kali, 3 kali di Bandung, dan di Tasikmalaya baru kali pertama. Namun, aksi pembobolan mesin berada di dua daerah berhasil dilakukan tetapi di Tasikmalaya gagal karena kepergok.

“Untuk di Kota Tasikmalaya kami digagalkan oleh petugas kebersihan (cleaning service) BJB yang membersihkan ruangan hingga kami juga sempat duel (berkelahi) karena mereka meneriaki maling beberapa kali. Kami kabur setelah berkelahi dan akhirnya saya ditangkap oleh satpam,” katanya, Selasa (20/9) di hadapan penyidik.

Aksi pembobolan dan ganjal mesin ATM terjadi pada Selasa (20/9) sekitar pukul 07.15 WIB ketika kedua pelaku kepergok tengah melakukan aksi dengan berpura-pura kartu ATM tertelan. Seorang pegawai kebersihan cleaning service (OB) mesin ATM BJB, Miftah Fauzi, 21, warga Nagarawangi, mengatakan, pihaknya melihat kedua pelaku mengendarai sepeda motor nomor polisi B 6838 ZIU dan memarkirkannya di parkiran. Satu orang tergesa-gesa masuk ke dalam ruangan mesin ATM samping mal dan selang beberapa lama satu pelaku lain menyusul.

Baca juga: Longsor di Banyumas, Satu Tewas

“Kami mencurigai kedua pelaku yang masuk ke ruangan mesin ATM. Kami melakukan dengan pengintaian dari luar dan melihat mereka mencokel serta merusak mesin. Kedua pelaku juga berpindah-pindah tempat pada mesin ATM yang lain di dalam dan mereka merusak tetapi satu orang keluar. Seorang pelaku sempat meminta tolong kartu ATM tertelan. Kami menyarankan supaya orang tersebut langsung ke kantor BJB untuk mengurus ATM yang tertelan,” katanya.

Kecurigaan itu timbul ketika ia melihat gembok di samping mesin ATM BJB dalam kondisi rusak termasuk ada alat ganjal dalam dua mesin ATM BJB dan BRI berupa mika (plastik). Atas kejadian tersebut, pelaku sempat mengelak tidak melakukan perusakan dan keduanya berusaha kabur setelah diteriaki maling tetapi salah satunya sempat berkelahi.

“Kami sempat menghubungi Satpam BJB dan memberikan kabar dua pelaku berusaha membobol mesin ATM. Seorang pelaku sempat berkelahi (duel) di parkiran motor dan langsung ditangkap. Pelaku lain berhasil ditangkap oleh warga di jalan Pataruman dengan sepeda motornya,” ujarnya. (OL-14)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here