Home All

Musim Pancaroba, Masyarakat Perlu Waspadai Penyakit Pernapasan

16
0

MENGHADAPI cuaca yang tidak menentu atau memasuki musim pancaroba, terdapat sejumlah penyakit pernapasan yang juga harus diwaspadai. Khususnya, bagi anak yang tidak memiliki imunitas kuat, akan mudah terkena penyakit pernapasan.

“Biasanya di musim pancaroba, yang terjadi seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan bronkitis. Lalu, orang dengan asma, kalau cuaca seperti ini, jadi pemicu batuk, nafas berat dan berbunyi,” jelas dokter spesialis paru Erlina Burhan, Kamis (15/9).

Menurutnya, kondisi tersebut tidak baik untuk orang dewasa hingga anak-anak. Sehingga, masyarakat diminta untuk menjaga kesehatan dan imunitas. Lalu, tetap mengonsumsi makanan yang sehat, serta tidak memicu penyakit tersebut datang lebih cepat.

Baca juga: BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Buruk Di Perairan Selatan Jawa

Hal yang bisa dijaga untuk menghindari penyakit tersebut, seperti istirahat yang cukup dan makan dengan gizi seimbang. Apabila keduanya tidak cukup, sistem imun berpotensi turun.

“Kalau musim hujan, mencegah agar tidak cepat sakit, adalah pertahanan tubuh. Bukan kita menghindari hujan, tetapi kekuatan tubuh yang diperkuat,” pungkas Erlina.

Baca juga: Pertanian Organik sebagai Solusi Hidup Sehat

Selain itu, stres juga bisa memicu datangnya sejumlah penyakit di masa pancaroba tersebut. Pasalnya, sistem imun tubuh tanpa sadar ikut menurun. Pihaknya juga mengimbau orang tua yang memiliki komorbid, untuk melakukan vaksinasi influenza.

“Orang tua dengan komorbid ke influenza, akibatnya lebih berat dibandingkan anak muda. Jika ada nenek dan kakek batuk pilek, akan lama penyakit tersebut mengendap, karena mereka renta,” tuturnya.(OL-11)
 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here