Home All

Metode Akupuntur Alternatif Hilangkan Nyeri

12
0

EFEKTIVITAS metode akupuntur membuatnya menjadi pilihan untuk mengurangi nyeri karena memiliki efek samping lebih ringan dan biaya lebih murah. “Manfaat akupunktur pada umumnya untuk meredakan nyeri, efek samping dari pengobatan kanker, untuk kesehatan mental, mengatasi kelainan sistim kekebalan, saluran cerna, kandungan dan saraf,” jelas dokter Spesialis Akupunktur Sub Spesialis Akupunktur Geriatri (Konsultan) Dr Hasan Mihardja MKes, SpA dalam diskusi daring beberapa waktu lalu. 

Ia menambahkan, akupunktur dapat mengurangi nyeri dan dapat pula mengurangi jumlah kebutuhan opioid pada pasien nyeri yang membutuhkannya. Opioid adalah obat pereda rasa sakit yang bekerja dengan reseptor opioid di dalam sel tubuh. Obat ini dibuat dari tanaman opium seperti morfin atau disintesis di laboratorium seperti fentanil.

Metode pengobatan Akupunktur Medik sendiri merupakan cabang ilmu kedokteran. Hasan menjelaskan terkait metode akupuntur merupakan perangsangan di berbagai titik di tubuh.

Baca juga: Imunisasi Prasyarat Masuk Sekolah untuk Eliminasi Campak-Rubela

“Perangsangan dilakukan di titik-titik akupunktur yang antara lain terdapat di badan, daun telinga, kulit kepala, pergelangan tangan atau kaki. Perangsangan ini bisa menggunakan berbagai metode misalnya tekanan, penjaruman, rangsang listrik, ultrasound, laser energi rendah, penyuntikan dan tanam benang untuk memperolah efek promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif dan paliatif,” jelasnya.

Hasan menerangkan bila dilakukan oleh tenaga yang kompeten mengacu ke ‘Guidelines’ yang di terbitkan WHO. “Ya ini tindakan yang sangat aman dengan beberapa kontra indikasi dan ‘Adverse reaction,” imbuhnya.

Menurutnya, kontra indikasi akupuntur antara lain kehamilan dengan beberapa pengecualian yakni untuk mual muntah pada kehamilan, letak sungsang sewaktu kehamilan tua dan mengurangi nyeri persalinan.

Hasan juga  menjelasnkan, untuk kasus kanker tidak diperbolehkan melakukan tindakan di daerah (letak) tumor, daerah penyebaran dan bendungan pembuluhah getah bening. “Akupuntur tidak diperbolehkan pada kasus kegawatdaruratan dan yang memerlukan pembedahan, juga pada kasus yang diketahui menderita kelainan pembekuan darah maupun penggunakan pengencer darah,” katanya. (H-3)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here