Home All

Manajemen Media Sosial Maksimalkan Potensi Bisnis di Ranah Digital

13
0

PEMANFAATAN media sosial terus berkembang di masyarakat, hingga akhirnya pelaku usaha pun memanfaatkan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas di ranah digital.

Meski demikian, diperlukan manajeman sosial media yang baik untuk bisa memaksimalkan potensi bisnis di ranah digital. Berkaitan hal itu, teknik sosial media management pun terus berkembang. 

Business Consultant & Praktisi Literasi Digital, Syarif Maulana menjelaskan, sosial media management adalah suatu aktivitas pengelolaan, pengembangan dan perencanaan semua platform sosial media untuk memperkenalkan atau mempromosikan perusahaan atau brand. 

Terdapat 5 hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan sosial media manajemen. Pertama, pastikan majemen sosial media yang dilakukan dapat meningkatkan brand awareness. Kedua, gunakan sosial media sebagai alat promosi, informasi, dan berita yang praktis. Ketiga, utilisasi sosial media harus mampu meningkatkan penjualan. 

“Keempat, gunakan sosial media untuk memperkenalkan usaha secara luas. Terakhir, selalu ingat bahwa media sosial itu merupakan cerminan kualitas dan jati diri brand. “, papar Syarif dalam webinar bertajuk Tips Dunia Digital: Sosial Media Management yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. 

Ketua Prodi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta, Bayu Sutjiatmo menambahkan, sebagaisatu aktivitas pengelolaan, pengembangan dan perencanaan sosial media platform yang memiliki tujuan untuk membantu peningkatan awareness dan penjualan sepatutnya menerapkan etika dalam berinternet dalam setiap proses kreatifnya. 

Ada 3 hal yang perlu dilakukan agar tetap beretika dalam melakukan sosial media manajemen. Pertama, hindari membuat konten promosi yang negatif. Kedua, berikan informasi yang jelas agar mudah dimengerti dan tidak menimbulkan mispersepsi. 

Baca juga : Tiga Langkah Strategis Mitigasi Serangan Siber

“Terakhir, selalu jujur dan hindari plagiasi dalam membuat konten pemasaran”, jelas Bayu. 

Co-founder Pabrik Soeara Rakjat Rizki Nugroho menyebutkan, ada 3 aktivitas sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan sosial media platform kita. Pertama, selalu mengaktifkan dan menggunakan pengamanan yang berjenjang kepada setiap platform kita. Kedua, selalu perbaharui password secara berkala. 

“Terakhir, selalu waspada jika mendapatkan link atau web yang bukan dari sumber yang terpercaya”, ujar Rizki Nugroho. 

Webinar itu merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo pada 2021 untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia. 

Berdasarkan survei Nasional Kemenenkominfo dan Katadata pada 2021, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik. Program Cakap Digital yang fokus pada 4 pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital pun diluncurkan dan menargetkan peringkat literasi divital Indonesia meningkat. 

“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate. (RO/OL-7) 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here