Home All

Jinping Utus Wakilnya Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth

19
0

PRESIDEN Tiongkok Xi Jinping mengutus Wakil Presiden Wang Qishan menghadiri upacara pemakaman Ratu Elizabeth II di Inggris.

Kedatangan Wang atas undangan pemerintah Kerajaan Inggris, demikian pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Mao Ning di Beijing, Sabtu (17/9)

Wapres Wang, Senin (12/9) mengunjungi Kedutaan Besar China di Inggris untuk menyampaikan pesan duka cita atas wafatnya Ratu Elizabeth.

Wang menilai Sang Ratu sangat berperan besar dalam meningkatkan hubungan bilateral China-Inggris.

Selain penguasa pertama Inggris yang berkesempatan mengunjungi China, Sang Ratu juga telah beberapa kali menerima kunjungan para pemimpin China ke Inggris.

“Tahun ini menandai peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara China dan Inggris. Perkembangan hubungan bilateral telah menunjukkan kestabilan selama kedua belah pihak mengikuti prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan,” kata Wang.

Beberapa media di Inggris, Jumat (16/9), melaporkan bahwa parlemen Inggris melarang seorang anggota delegasi Tiongkok yang mendampingi Wang Qishan memasuki area Westminster Hall, tempat jenazah Sang Ratu dibaringkan.

Larangan itu sebagai tindakan balasan atas sanksi yang dijatuhkan oleh Tiongkok kepada tujuh anggota parlemen Inggris terkait isu Uighur di Xinjiang.

Menanggapi hal tersebut, Mao Ning mengatakan bahwa kehadiran delegasi asing itu atas undangan pihak Inggris untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang Ratu dan menghargai pihak pengundang.

“Sebagai tuan rumah, pihak Inggris tentu memahami protokol diplomatik dan tata krama saat menerima tamu,” kata diplomat perempuan tersebut. (OL-8) 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here