Home All

Jersey yang Dipakai Michael Jordan di Final NBA 1998 Terjual Rp151 Miliar

20
0

JERSEY yang dipakai legenda NBA Michael Jordan di Gim 1 final NBA 1998, gelar NBA terakhir Jordan, terjual seharga US$10,1 juta atau sekitar Rp151 miliar pada Kamis (15/9). Hal itu diungkapkan rumah lelang Sotheby’s.

Angka tersebut dua kali lipat lebih tinggi dari perkiraaan awal dan Sotheby’s mengaku mendapatkan 20 tawaran untuk jersey itu.

Jersey Chicago Bulls berwarna merah yang menampilkan nomor punggung 23 itu memecahkan rekor penjualan untuk jersey olahraga yang pernah dipakai serta rekor baru untuk jersey bola basket.

Baca juga: Jersey Michael Jordan Dilelang, Nilainya Ditaksir Capai Rp74 Miliar

Jersey Jordan itu memecahkan rekor sebelumnya yang dicetak pada Mei lalu oleh jersey yang dipakai Diego Maradona ketika mencetak gol ‘Tangan Tuhan’.

Adapun rekor sebelumnya untuk jersey bola basket dipegang oleh jersey yang dipakai Kobe Bryant pada musim 1996-97 dan menampilkan tanda tangan pemain legendaris Los Angeles Lakers itu.

Jersey Jordan yang terjual kalio ini merupakan jersey kedua yang pernah dipakai legenda NBA itu yang dijual dalam lelang.

Itu juga menjadi memorabilia olahraga Jordan termahal yang pernah terjual. Sebelumnya memorabilia termahal Jordan adalah kartu basket keluaran 1997-98 lengkap dengan tanda tangan Jordan, yang terjual seharga US$2,7 juta atau sekitar Rp40,3 miliar.

Mayoritas jersey yang dipakai Jordan di laga final NBA masih disimpan olehnya meski mantan bintang Bulls itu menyumbangkan salah satunya ke Museum Nasional Sejarah dan Budaya Afrika Amerika.

Jordan, yang kini berusia 59 tahun menghabiskan mayoritas kariernya bersama Bulls, tempat dia memenangkan seluruh dari enam gelar NBA-nya. Namun, dia sempat batal pensiun pada 2001 dan bermain selama dua musim bersama Washington Wizards.

Musim pamungkas Jordan bersama Chicago Bulls telah dibuat menjadi film dokumenter berjudul The Last Dance, yang tayang di Netflix pada 2020. (AFP/OL-1)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here