Home All

Banjir Masih Merendam Empat Kecamatan di Hulu Sungai Tengah

20
0

BENCANA banjir yang melanda Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, sejak tiga hari terakhir hingga kini masih berlangsung dan merendami empat kecamatan di wilayah tersebut.

“Ketinggian banjir berangsur surut dan sebagian kering. Tetapi kita mengimbau warga terutama yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai untuk waspada banjir susulan karena potensi hujan masih akan terjadi di hulu Pegunungan Meratus,” tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Tengah, Budi Haryanto, Minggu (11/9).

Dikatakan Budi, pihaknya telah menyalurkan bantuan tanggap darurat bagi warga terdampak banjir, termasuk pembersihan ruas jalan yang
terkena longsor di Kecamatan Hantakan.

Informasi dihimpun Media Indonesia, saat ini banjir masih merendami permukiman dan ruas jalan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Baca juga: Sejumlah Wilayah Papua Terguncang Gempa M 7,5 di Papua Nugini

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Hulu Sungai Tengah, banjir yang terjadi sejak Jumat (9/9) tersebut meredami 14 desa di empat wilayah kecamatan yaitu Haruyan, Batu Benawa, Hantakan, dan Barabai. Di Kecamatan Haruyan dan Batu Benawa merupakan daerah terparah dilanda banjir.

Tercatat total rumah terendam dan terdampak sebanyak 981 rumah yang dihuni 941 keluarga atau 2.285 jiwa.

“Puluhan warga terpaksa mengungsi. Banjir juga merendami sejumlah fasilutas umum perkantoran, sekolah dan tempat ibadah. Ada tiga titik terkena longsor,” ujar Budi.

Pada bagian lain, Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah, mengatakan, selain banjir, kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Kalsel juga terus terjadi. Pada Minggu (11/9), BPBD Kalsel melakukan patroli udara dan melakukan pemadaman sejumlah kebakaran menggunakan helikopter water boombing serta satgas darat. (OL-16)

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here