Home All

12 Urutan Zodiak Berdasarkan Tanggal Lahir

25
0

PERNAH dengar dengan prinsip astrologi yang dikenal dengan Zodiak? Zodiak biasanya digunakan untuk ramalan nasib berdasarkan benda-benda langit. Sebagian orang menganggapnya benar dan lainnya hanya mengambil bagian seru-serunya saja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), zodiak adalah lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi dua belas tanda perbintangan. Kedua belas bintang atau zodiak tersebut dikategorikan berdasarkan bulan kelahiran seseorang. Masing-masing zodiak memiliki simbol dan cerita yang berbeda-beda. Pada umumnya, nama dan lambang zodiak dikaitkan dengan hewan tertentu. Sesuai dengan arti zodiak dari bahasa asing ‘zodiacus’ yang berarti lingkaran hewan.

1. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

Capricorn terlihat sangat keras kepala, dingin dan tak peka di mata orang lain. Orang dengan zodiak capricorn tunduk pada aturan dan hirarki.

Awal mula zodiak capricorn adalah dari Dewa Pan. Suatu hari sang dewa melompat ke air untuk menghindar dari monster Phyton. Ia pun mengubah dirinya menjadi hewan saat melompat. Di permukaan air, badannya berupa kambing dan yang di dalam air berupa ikan. Itulah sebabnya terkadang simbol Carpicorn berupa kambing jantan berjanggut ditambahkan dengan ekor.

2. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

Aquarius merupakan orang yang independen, penuh teka-teki namun mereka dapat melihat sisi terbaik seseorang. Idealisme mereka cenderung tinggi dan mereka jarang puas akan sesuatu.

Lambang aquarius berupa seseorang yang menuangkan air dari kendi. Seorang pangeran bernama Ganymedes yang diculik oleh Zeus ke Olympus  saat dirinya berubah menjadi elang. Zeus menugaskan dirinya untuk menjadi juru minum pribadinya, sebuah jabatan yang cukup tinggi. Lama kelamaan, Ganymedes menjadi muak dan menuangkan seluruh air, ambrosia, dan anggur yang ada, sehingga terjadi hujan tak berkesudahan di bumi dan terjadilah air bah. Melihat hal itu, Zeus menyadari tindakannya yang jahat kepada Ganymedes. Akhirnya, ia memberikan sebuah tempat di rasi bintang sebagai zodiak Aquarius.

3. Pisces (19 Februari – 20 Maret)

Pisces memiliki daya imajinasi yang tinggi beserta firasat dan intuisi tajamnya. Pisces dapat menjadi pemberi saran dan pendengar yang baik mengenai berbagai hal.

BAca juga: Ini Panduan Memilih Lipstik Berdasarkan Zodiak

Berawal dari peperangan antara Typhon yang adalah monster paling besar dan paling mengerikan. Semua Dewa menyamarkan diri untuk menyerang Typhon. Dewi Cinta dan Kecantikan Aphrodite dan Eros, anaknya, menyelam ke kedalaman laut dan mengambil 2 ekor ikan. Typhon berhasil dikalahkan. Semua dewa kembali ke bentuk asalnya. Aphrodite dan anaknya merasa berterima kasih atas ikan yang sudah meminjamkan bentuk mereka. Ia lalu memberikan tempat kepada ikan di rasi bintang sebagai zodiak Pisces.

4. Aries (21 Maret – 19 April)

Para Aries dapat memegang teguh nilai kejujuran dan dikenal sebagai orang yang hanya akan melakukan sesuatu yang Ia inginkan. Aries juga merupakan orang yang cenderung temperamental.

Peri Awan Nephele mengirim Chrysomallus untuk menyelamatkan kedua anaknya, Phrixus dan Helle, yang akan dikurbankan kepada para Dewa. Lambang tanduk emas pada Aries adalah simbol dari domba tersebut. Ketika menyelamatkan kedua anak Peri Awan Nephele, salah satunya jatuh dan meninggal. Merasa bersalah, ia terbang ke Surga untuk mengorbankan dirinya sendiri kepada para Dewa. Atas jasanya inilah, Chrysomallus mendapat sebuah tempat di para bintang sebagai konstelasi Aries oleh Zeus.

5. Taurus (20 April – 20 Mei)

Taurus dikenal pintar dan dapat dipercaya. Dengan pendirian teguhnya, Taurus memiliki kompas sendiri dalam hidupnya. Taurus tidak akan dipengaruhi oleh berbagai gosip dan tetap mempercayai orang terdekatnya dengan sepenuh hati.

Banteng merupakan lambang Taurus dan menyimbolkan Dewa Zeus yang kuat dan hebat, serta senang mengubah-ubah dirinya sendiri. Menurut mitologi Yunani, banteng ini sebenarnya adalah Dewa Zeus, yang katanya memang hobi mengubah-ngubah diri. Europa, seorang putri dari wilayah Phoenicia di Timur Tengah, menarik perhatian Zeus. Zeus menampakkan dirinya dalam bentuk banteng putih yang mengagumkan untuk menarik hati Europa. Europa tertarik dan menaiki banteng tersebut. Mereka pergi melintasi samudra ke sebuah wilayah di Yunani Kuno. Namun di sana Zeus mengubah dirinya lagi menyerupai elang lalu memperkosa Europa. Atas tindakan dan perselingkuhan tersebut, Zeus meletakkan lambang banteng di antara para bintang-bintang Taurus.

6. Gemini (21 Mei – 20 Juni)

Gemini mempunyai karakter yang dapat berubah dengan cepat sesuai dengan lingkungan dan energi yang Ia dapat. Ia juga dapat membaca situasi dengan mudah berkat intuisi tajamnya.

Simbol dua anak kembar Gemini berasal dari tokoh mitologi Yunani, Castor dan Pollux. Mereka adalah kakak beradik kembar, anak dari Leda dengan ayah yang berbeda. Ayah Castor adalah Tyndarus, seorang raja dari Sparta, sedangkan ayah Pollux adalah Dewa Zeus. Sebagai darah daging Zeus, Pollux abadi. Hubungan Castor dan Pollux sangat erat. 

Mereka tampan dan sama-sama senang berpetualang. Menjadi dewasa, Castor dikenal sebagai penunggang kuda yang hebat, dan Pollux dikenal sebagai seseorang dengan kekuatan yang luar biasa. Di sebuah perang, Castor gugur. Pollux putus asa dan meminta Zeus untuk mencabut keabadiannya agar ia bisa meninggal. Namun Zeus menolaknya. Zeus membuat mereka berdua bersama selamanya sebagai konstelasi bintang kembar, yaitu Gemini.

7. Cancer (21 Juni – 22 Juli)

Cancer memiliki banyak hal yang tersembunyi dari orang banyak. Ia merupakan pengambil keputusan yang baik, namun Ia terkesan sombong dan sulit bergaul pada pertemuan pertama dengan orang.

Berasal dari kisah Hercules (Heracles) yang ditugaskan untuk membunuh Lernaean Hydra yakni ular dengan ratusan kepala dan Hera yang memerintahkan seekor kepiting raksasa untuk turut membantu Hydra melawan Hercules. Kepiting raksasa tersebut sempat berhasil membuat Hercules kesakitan luar biasa dengan capitnya, namun Hercules berhasil menghancurkan sang kepiting. Meskipun sang kepiting kalah, Hera tetap merasa bangga terhadapnya dan memberikan tempat di kalangan bintang sebagai Cancer.

8. Leo (23 Juli – 22 Agustus)

Leo memiliki rasa percaya diri yang tinggi sehingga membuatnya ingin menjadi seorang pemimpin. Namun, rasa percaya dirinya dapat membuat dirinya keras dalam mengkritik dirinya sendiri.

Singa Nemean adalah rintangan pertama Hercules. Singa ini berbulu emas dan memiliki kulit yang tidak dapat ditembus oleh senjata apapun. Hercules berhasil membunuh singa Nemea dengan melemparkan potongan kayu ke arah tenggorokannya dan ia mati tersedak. Digunakannya cakar singa untuk merobek kulit singa tersebut, kemudian bulu-bulu singa digunakannya sebagai pakaiannya untuk melindungi dalam perang selanjutnya. Pertarungan yang megah itu membuat Zeus menyediakan tempat kepada singa Nemea di rasi bintang untuk konstelasi Leo.

9. Virgo (23 Agustus – 22 September)

Senang membantu orang lain, Virgo memiliki karakter yang cerdas dan baik hati. Bahkan untuk temannya, Virgo rela menempatkan dirinya sebagai prioritas terakhir.

Zodiak Virgo dimulai dari kisah Pandora, wanita yang diciptakan oleh Dewa Keterampilan Hephaestus. Pandora membuka kotak terlarang sehingga seluruh kejahatan turun ke dunia, termasuk kematian. Hal tersebut membuat semua Dewa yang ada di bumi kembali ke surga agar terhindar dari kejahatan-kejahatan itu. Simbol wanita perawan pada zodiak Virgo melambangkan kesucian, kepolosan, dan kemurnian Dewi Astraea, Dewi yang paling terakhir kembali ke surga. Astraea diberikan tempat di rasi bintang sebagai bentuk peringatan dari hilangnya kesucian, kepolosan, dan kemurnian di bumi.

10. Libra (23 September – 22 Oktober)

Libra menjunjung tinggi harmoni dalam segala aspek kehidupan. Mereka lihai dalam hal kompromi dan diplomasi sehingga dapat menjadi penengah yang baik. Mereka juga menyukai lingkaran sosial yang luas dan senang berada bersama banyak orang.

Libra melambangkan keadilan dan kebenaran. Kisahnya tentang Dewi Keadilan Themis. Dewi Themis adalah ibu dari Dewi Astraea dan letak mereka berdua saling berdampingan pada konstelasi rasi bintang. Simbol Libra mengingatkan bahwa keadilan dan kebenaran adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan dan tidak boleh terlupakan.

11. Scorpio (23 Oktober – 21 November)

Scorpio menyukai perdebatan dan tidak takut kontroversi. Mereka tidak takut untuk memilih jalannya sendiri dan tak peduli apapun yang orang lain pikirkan. Orang dengan zodiak Scorpio memiliki perasaan yang sensitif dan sangat loyal pada lingkaran terdekatnya.

Scorpio berasal dari kisah kesombongan Orion sebagai pria tertampan dan tertinggi yang pernah ada. Orion dengan lantang mengatakan bahwa dirinya dapat mengalahkan semua makhluk di bumi. Kesombongannya membuat Dewi Bumi Gaia mengirim seekor kalajengking untuk mengalahkan Orion. Orion mati tersengat racun kalajengking. Kemenangan kalajengking membuat Gaia menempatkan kalajengking tersebut di konstelasi bintang sebagai Scorpio.

12. Sagittarius (22 November – 21 Desember)

Berasal dari tokoh mitologi yang berupa makhluk setengah kuda atau Chiron, seseorang yang berzodiak sagitarius memiliki kemauan kuat, seorang independen yang tidak takut berjalan sendiri, dan juga loyal dan pandai menjaga rahasia teman-temannya. 

Dalam sebuah perkelahian, Hercules menghindar dari panah beracun lawan dan akhirnya panah tersebut mengenai kaki Chiron. Chiron merupakan anak Poseidon yang membuatnya abadi namun Ia harus merasakan sakit yang luar biasa. Dalam perjalanannya dengan Hercules, mereka bertemu dengan Prometheus, pencipta umat manusia namun harus terkurung. Chiron bersedia menggantikan posisi Prometheus yang terkurung agar Prometheus dapat terbebas. Keputusannya itu membuat Zeus menempatkan Chiron di konstelasi bintang sebagai zodiak Sagitarius.(OL-5)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here